10 fakta menarik dan asik tentang Indonesia

 

Indonesia, Negara  dengan sejuta kenikmatan di dalamnya baik berupa alam yang tak kalah indah dengan negeri lain dan masyarakat yang ramah membuat Indonesia itu asik.

Dengan kebudayaan yang beraneka ragam, alam yang keindahannya diakui dunia tentu banyak fakta-fakta menarik dan asik tentang Indonesia.

Berikut adalah fakta-fakta asik tentang Indonesia : 

1.Indonesia merupakan negara dengan suku bangsa terbanyak di dunia.Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis,di Papua saja terdapat 270 suku.


2.Indonesia memiliki hutan bakau terbesar di dunia,hutan bakau bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut atau abrasi.


3.Terumbu karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total di dunia).



4.Biji kopi luwak adalah biji kopi termahal di dunia, dan produsennya adalah Indonesia.

5.Indonesia memiliki biodiversitas Anggrek terbesar di dunia.Mulai dari yang terbesar sampai yang   terkecil,termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya dijumpai di Papua.

6.Rendang termasuk dalam makanan terenak di dunia,walaupun rendang sebagai masakan asli masyarakat Padang,Sumatera Barat,namun rendang juga populer di hampir seluruh wilayah Indonesia.Pada bulan juli tahun 2013,rendang masuk di urutan ke-11 dari 50 daftar makanan terenak di dunia yang dipublikasikan oleh stasiun berita CNN.Kemudian,pada polling di Facebook yang dirilis CCNGo.com,rendang dan nasi goreng dipilih sebagai makanan terlezat di dunia,menduduki peringkat nomor satu dan dua,menggeser posisi Massaman Curry dari Thailand dan Neopolitan Pizza dari Italia.Sementara sate berada di posisi ke-14.

7.Monumen Buddha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km.Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750M-850M).


8.Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.

9. Mobil dinas Kepresidenan RI yang pertama adalah mobil Buick keluaran tahun 1939 yang digunakan Alm. Bung Karno. Sedangkan Alm. Bung Hatta menggunakan mobil dinas De Soto.


10. Beberapa tahun yang lalu, klub asal Papua, Persipura Jayapura pernah mengalahkan ranking klub Liga Inggris, Everton di kategori klub terbaik dunia versi IFFHS.


Yap, segitu aja ya gan hehe.
Ane juga mau ngrekomendasiin nih kampus ane yang udah bolak-balik dapet penghargaan internasional www.amikom.ac.id kunjungi ya gan hehe.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »